Orang Tua Wajib Tau! Mengatasi Anak Rewel di Tempat Umum

Baru baru ini beberapa platform media sosial ramai membicarakan tentang sikap Kate Middleton ke anak bungsunya yakni Prince Louis di Platinum Jubilee. Kala itu, Prince Louis nampak sedikit tantrum dan menunjukan wajah marah ke sang Ibu.

Entah apa yang membuat Louis tantrum, moment tersebut justru nampak jelas terekam oleh kamera. Kate pun nampak dengan sabar dan tenang menghadapi Louis yang sedang marah.

Ia juga terlihat berusaha membujuk sang anak bungsu hingga akhirnya amarah Louis mulai reda dengan sendirinya. Apa yang dialami oleh Kate sepertinya hampir pernah dialami para Ibu di dunia ya Bu?

Yup! Menghadapi anak rewel di tempat umum memang bukan perkara mudah. Selain bisa membuat Ibu tak nyaman, anak tantrum di tempat umum menjadi lebih sulit untuk dikendalikan.

Ketahui terlebih dahulu apa penyebabnya

Ibu pasti pernah merasakan atau melihat sendiri adanya anak-anak yang tantrum saat pergi ke tempat umum seperti di mall, taman bermain ataupun di restoran. Beberapa anak yang tantrum biasanya akan menangis, berteriak hingga sulit untuk dikendalikan.

Tentunya, sikap mereka seperti itu ada alasannya ya Bu. Melansir Baby Center anak rewel di tempat umum biasanya dikarenakan banyak faktor.

Mulai dari tanda bahwa ia lapar, lelah, keinginannya tidak dipenuhi atau mungkin memang sedang tidak mood. Jika anak rewel di tempat umum dan hal ini seringkali terjadi maka dikhawatirkan dapat menjadi cikal bakal gangguan psikologi seperti frustrasi atau stress.

Hal ini tentu dapat mengganggu tumbuh kembangnya, terutama dalam hal psikologis. Situasi ini mungkin akan sangat membuat orang tua menjadi tidak nyaman.

Namun, hal ini sangat wajar dialami oleh tiap anak. Bersabar dan berusaha menenangkan si kecil merupakan sebuah sikap yang harus dipegang teguh oleh orang tua.

Perlu diingat, ketika anak rewel di tempat umum bukan berarti kita harus menuruti apapun keinginannya ya Bu. Justru Ibu harus punya sikap tegas dan strategi khusus dalam menghadapi situasi ini.

Tips mengatasi anak rewel di tempat umum 

Menangis, berteriak hingga mulai melakukan tindakan tak terkendali di tempat umum adalah hal biasa yang dilakukan oleh anak-anak dan seringkali kita temui. Jelas hal ini membuat orang tua menjadi tidak nyaman dan malu.

 

Apalagi banyak mata memandang seolah menghakimi, atas sikap yang dilakukan anak-anak. Hal ini terkadang membuat orang tua jadi ikut marah, hingga makin memancing tatapan mata orang-orang.

Haduh! Harus bagaimana ya? Tenang, nggak perlu khawatir ya Bu, tentu ada banyak cara menghadapi anak tantrum di tempat umum tanpa kita harus ikut emosi. Berikut adalah tipsnya:

1. Pastikan anak sudah makan atau tidur cukup sebelum diajak pergi

Melansir Fatherly sama halnya seperti orang dewasa, anak yang melakukan kegiatan dengan perut kosong dan kurang tidur juga bisa mengalami mood swing. Sehingga hal sekecil apapun dapat membuat ia mudah tantrum.

Jadi pastikan anak makan dan tidur cukup sebelum diajak bepergian ya Bu. Selain itu, jika ia tantrum di tempat umum, usahakan untuk tetap tenang. Ketahuilah bahwa anak tidak memiliki konsep privacy, sehingga ia tak peduli hendak tantrum di tempat manapun.

2. Be prepared!

Kamu juga bisa mempersiapkan segala kebutuhan anak sebelum pergi dengan matang. Misalnya menyiapkan mainan anak, just in case si kecil bosan saat menunggu orang tuanya meeting. Satu yang paling penting, usahakan jangan menghadapi anak rewel di tempat umum dengan amarah.

Sebaiknya alihkan dengan sedikit candaan ringan, namun tetap tunjukan empati. Kamu juga bisa bernegosiasi dengan membelikan sebuah hadiah.

Akan tetapi hal ini sebaiknya tidak sering dilakukan ya Bu. Sebab dikhawatirkan hal tersebut dapat dijadikan ‘senjata’ untuk anak agar permintaannya bisa dipenuhi oleh orang tua.

3. Tetap tenang dan buat aturan yang jelas

Menghadapi anak rewel di tempat umum memang sangat menantang ya Bu. Tapi, sebaiknya jangan hadapi kemarahan anak dengan kemarahan orang tua juga.

Melansir Family Education menurut Dr. Kim John Payne, Psikolog sekaligus penulis buku The Soul of Discipline orang tua bisa melakukan cara berikut ini agar tetap tenang dalam menghadapi anak tantrum di tempat umum:

  • Ambil jeda waktu untuk menenangkan diri sejenak, sekitar 1-2 menit. Tarik dan buang napas panjang, sebelum bereaksi dengan kemarahan anak.
  • Ajak anak berpindah tempat ke tempat yang lebih sepi. Usahakan untuk selalu mengelus punggung anak atau memeluknya dan upayakan agar ia tenang terlebih dahulu.
  • Lakukan soothing statement untuk membantu anak tenang dengan kata dan kalimat yang menenangkan.
  • Ketika anak tampak mulai tenang, ajak ia berbicara empat mata dengan saling bertatapan. Upayakan untuk tunjukan empati seperti “Ibu tahu kamu kesal, tapi kamu sudah punya banyak Lego di rumah. Kita cari mainan lain saja ya, sayang”.

4. Jangan menyepelekan perasaan anak

Satu hal yang tanpa sadar sering dilakukan banyak orang tua ketika anak rewel di tempat umum adalah, menyepelekan perasaan anak dengan melontarkan kalimat anti empati. Seperti, “Gitu saja nangis!” atau “Jangan ngambek terus dong!”.

Melansir Child Mind hal ini hanya akan menyebabkan anak merasa orang tua tidak menghargainya. Bahkan hal ini justru bisa membuat anak makin tantrum dan sulit untuk dikendalikan.

Dari pada menyepelekan perasaan anak, lebih baik tenangkan si kecil dengan menggendong ataupun memeluknya. Hal ini dapat membuat anak bisa merasa jauh lebih tenang.

5. Buat aturan yang jelas sebelum mengajak anak pergi

Aturan ini semata-mata dapat membuat anak lebih mudah dikendalikan ketika anak rewel di tempat umum. Ibu bisa membuat aturan sederhana seperti, tidak boleh beli mainan sebelum menghabiskan makanan.

Atau bisa juga buat aturan sederhana lain seperti, jika selama diajak pergi anak tidak tantrum maka Ibu akan memberikan hadiah berupa dua scoop ice cream favoritnya. Aturan sederhana ini sedikit banyak dapat mengajarkan anak untuk bisa berbaik laku selama di tempat umum.

Suka Artikel Ini? Tetap dapatkan Informasi dengan Berlanggana via email

Comments

You must be logged in to post a comment.

Artikel Terkait
About Author

Kumpulan Tips, Semoga Bermanfaat