Cara Memutihkan Kulit Bayi

Berbeda dengan orang dewasa, cara memutihkan kulit bayi harus dilakukan secara hati-hati. Hal ini dikarenakan kondisi kulit bayi, terutama yang baru lahir, masih sangat sensitif. Untuk itu, cara memutihkan kulit bayi baru lahir harus menggunakan bahan-bahan alami.

Sebenarnya sudah ada cukup banyak produk perawatan kulit bayi, namun tidak semua produk ternyata efektif memutihkan kulit bayi baru lahir. Tapi Ibu perlu tahu nih, warna kulit sangat dipengaruhi oleh faktor genetik dan ada baiknya juga untuk kita menerima warna kulit si kecil apa adanya.

Tapi sebenernya bisa nggak sih kita memutihkan kulit si kecil? Katanya sih, beberapa bahan alami ini bisa membuat warna kulit bayi lebih cerah. Penasaran apa saja? Cari tahu, yuk! 

cara memutihkan kulit bayi

1. Minyak kelapa

Cara memutihkan bayi baru lahir bisa dilakukan melalui pijatan menggunakan minyak kelapa. Minyak dari bahan alami ini bisa menjaga kelembaban dan kelembutan kulit bayi. Karena terhidrasi dengan baik, kulit bayi pun akan terlihat lebih cerah. Sentuhan lembut dari Ayah dan Ibu selama memijat juga bisa memberi efek ketenangan serta menciptakan bonding yang kuat.

2. Minyak zaitun

Selain minyak kelapa, Ayah dan Ibu juga bisa menggunakan minyak zaitun. Dikutip dari Healthline, minyak zaitun mengandung asam lemak yang efektif menghidrasi kulit. Vitamin E, vitamin K, dan antioksidan dalam minyak zaitun juga mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga membuatnya terlihat lebih cerah. Cara memutihkan kulit bayi menggunakan minyak zaitun adalah dengan memijat secara perlahan sebanyak satu atau dua kali dalam seminggu.

3. Minyak almond

Persis seperti dua jenis bahan alami sebelumnya, minyak almond bisa digunakan untuk memijat kulit bayi agar tampak lebih putih. Kandungan asam lemak dalam minyak almond mampu mengunci kelembaban alami kulit tubuh si kecil. Menariknya, minyak almond juga memiliki sifat anti-peradangan, sehingga bisa menenangkan kulit bayi yang sensitif. Jadi, pemakaian minyak almond aman dan efektif mencerahkan kulit bayi.

4. Alpukat

Selanjutnya, cara memutihkan kulit bayi juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan buah alpukat. Meski belum bisa mengonsumsi daging buah alpukat secara langsung, si kecil tetap bisa merasakan manfaatnya. Cara memutihkan kulit bayi baru lahir dengan alpukat, yaitu mengaplikasikan alpukat yang sudah dihaluskan ke tubuh si kecil beberapa menit sebelum mandi. Pastikan untuk membilas tubuh bayi sampai tidak lagi ada masker alpukat yang tersisa.

5. Kentang mentah

Tak hanya nikmat dikonsumsi, kentang juga bisa memutihkan kulit bayi. Cara memutihkan kulit bayi dengan kentang pun cukup mudah. Pertama, kupas kentang dan cuci bersih. Kedua, parut kentang hingga menjadi butiran kasar. Ketiga, usapkan parutan kentang tersebut ke seluruh tubuh si kecil sebelum mandi. Benar sekali, kentang mentah bisa menjadi eksfoliator alami yang mengangkat sel kulit mati dan mempercepat proses regenerasi. Hasilnya, kulit bayi pun bisa terlihat lebih putih dan bersinar.

6. Tomat

Cara memutihkan kulit bayi dengan tomat sebenarnya sudah banyak dilakukan oleh sebagian masyarakat Indonesia. Kadar vitamin C yang tinggi dalam tomat, terbukti ampuh mencerahkan kulit. Untuk menggunakan tomat sebagai bahan alami pemutih, Ibu hanya perlu memarut tomat dan mengambil ampasnya saja. Kemudian, balurkan ampas tersebut ke seluruh tubuh bayi sebelum mandi. Lakukan cara memutihkan kulit bayi ini setidaknya dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

7. Madu

Satu lagi bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk memutihkan kulit  bayi, yaitu madu. Perlu diketahui, madu memiliki kandungan protein, asam amino, vitamin, enzim, mineral, dan lainnya yang bermanfaat untuk kulit Si Kecil. Madu bahkan bisa ditambahkan saat memandikan bayi untuk membantu melembapkan kulitnya, serta mengatasi dan mencegah kulit kering. Saat terhidrasi dengan baik, kulit bayi pun tidak lagi terlihat kusam.

Cara memutihkan kulit bayi lainnya!

Di samping memanfaatkan bahan-bahan alami tadi, Ayah dan Ibu juga perlu melakukan panduan berikut ini untuk mendapatkan kulit bayi yang lebih putih dan cerah. Antara lain;

A. Atur suhu air saat memandikan si kecil

Pada dasarnya, suhu air tidak bisa mengubah warna kulit bayi. Namun, suhu air yang terlalu panas bisa menghilangkan kelembaban alami kulit tubuh si kecil. Oleh karena itu, cara memutihkan kulit bayi yang benar adalah dengan menjaga kelembaban alami kulitnya. Salah satunya bisa dilakukan dengan cara mengatur suhu air saat memandikan si kecil.

B. Memastikan asupan nutrisi tubuh terpenuhi

Cara memutihkan kulit bayi juga perlu dilakukan dari dalam tubuh. Salah satunya dengan memastikan asupan nutrisi terpenuhi. Bagi bayi yang baru lahir, Ibu bisa memberikan ASI sebanyak yang si kecil mau. Sementara bagi bayi yang sudah berusia 6 bulan atau lebih, perhatikan menu MPASI yang diberikan. Sebisa mungkin berikan sayur dan buah yang kaya vitamin. Dengan begitu, kesehatan kulit si kecil terjaga lebih baik.

C. Gunakan pelembab khusus bayi setiap selesai mandi

Terakhir, Ayah dan Ibu bisa mengaplikasikan pelembab khusus bayi setiap si kecil selesai mandi. Produk skincare bayi ini memegang peran penting dalam menghidrasi kulit bayi. Pilih produk yang memang aman dan tidak menimbulkan reaksi alergi pada kulit si kecil.

Cara memutihkan kulit bayi dengan bahan-bahan alami tadi mudah dilakukan, bukan? Namun, jika belum juga berhasil sebaiknya tidak perlu khawatir. Apapun warna kulit si kecil, selama ia bisa tumbuh dengan sehat sesuai tahapan usianya, maka Ayah dan Ibu patut bersyukur.

Suka Artikel Ini? Tetap dapatkan Informasi dengan Berlanggana via email

Comments

You must be logged in to post a comment.

Artikel Terkait
About Author

Kumpulan Tips, Semoga Bermanfaat