4 Langkah Bertahap untuk Melatih Kekuatan Chin Up

Chin up adalah salah satu gerakan olahraga yang memanfaatkan berat tubuh sebagai bebannya.Gerakan chin up sendiri sangat dianjurkan bagi anda yang belum kuat pull up.Untuk latihan chin up anda harus menyediakan palang bar dirumah,selain itu anda bisa lakukan di tempat gym terdekat.Lakukan latihan chin up seminggu 2 atau 3 kali saja untuk mendapatkan otot lengan dan dada yang bagus.

ar.Gerakan ini sangat sederhana,namun membutuhkan tenaga yang kuat untuk melakukannya.Jika anda ingin melatih kekuatan dengan latihan chin up,maka artikel ini sangat cocok buat anda.Latihan bertahap untuk melalukan chin up dengan melatih kekuatan seperti yang dilansir wikihow.com.Perhatikan dibawah ini :

1.Lakukanlah gerakan chin up isometrik

Bagaimana cara melakukannya : Posisikan tubuh anda diatas kursi dan pegang tiang chin up seolah-olah anda hendak melakukan chin up.Tekuk kedua lutut anda sesuai dengan keperluan agar dagu anda berada diatas tiang.Angkatlah kedua kaki dari kursi dan bertahanlah dari posisi ini selama kurang lebih 25 sampai 30 detik.Setelah itu turunkan kembali tubuh anda,hingga kedua lengan lurus.Anda bisa ulangi gerakan ini sekuat kalian.

a.) Turunkan tubuh secara perlahan dan terkontrol.Anda akan menggunakan otot-otot yang sama untuk menurunkan tubuh dengan otot-otot yang anda gunakan ketika mengangkatnya.

b.)Dengan latihan ini akan membantu melatih otot anda untuk melakukan gerakan chin up tanpa bantuan kursi.

2.Posisikan anda sedikit dibawah tiang

Berdirilah diatas bangku dan posisikan diri anda agar kepala anda berada sedikit diabwah tiang.Kedua lengan harus sedikit tertekuk.Anda bisa mulai dari posisi ini ,tarik tubuh keatas agar dagu melewati tiang.Ulangi sekuat anda ,dengan setiap kali memulai dari posisi awalnya.

a.)Turunkan tubuh dengan perlahan dan tekontrol

b.)Stelah beberapa sataa anda akan menyadari bahwa anda bisa memulai dari posisi yang lebih rendah dan lebih rendah lagi.

3.Lakukan latihan ini selama beberapa minggu

Setiap kali memulai latihan,mulailah dari posisi yang lebih rendah.Pada akhirnya mulailah pada posisi tubuh menggantung sempurna,dengan kedua lengan yang benar-benar lurus.Lihat seberapa jauh anda bisa mengangkat tubuh sebanyak 4 atau 6 kali berurut-turut.

4.Tingkatkanlah jumlah repetisi

Saat anda melakukan gerakan chin up secaar sempurna,angkat diri anda 4 kali berturut-turut atau sekuat tenaga anda.Anda juga kombinasikan gerakan chin up penuh dan setengah.Saat otot-otot sudah semakin kuat saatnya untuk meningkatkan jumlah repetisi.

a.)Seharusnya anda sudah bisa meningkatkan jumlah repetisi setiap 2 minggu sekali

b.)Jangan terlalu over.Jangan sampai anda kelelahan atau bahkan otot robek.Beristirahatlah diantara sesi –sesi untuk memberikan waktu bagi otot anda pulih,sehingga anda akan semakin kuat.

Tips :

1.Agar anda tidak kelelahan ,lakukan latihan dalam duarasi satu hari.Lakukan latihan ini seminggu 2 kali saja.

2.Latihan menarik yang berat biasanya mengencangkan otot-otot traps.Ingat selalu lakukan peregangan sebelum dan sesudah latihan agar tidak cidera.Tiga titik yang wajib anda regangkan adalah bagian bahu,otot-otot leher dan lasimus.

3.Dengan menyilangkan kedua kaki pada pergelangannya dan sedikit menekuk lutut akan membantu menyangga punggung anda.

Dengan melakukan latihan-latihan diatas bisa meningkatkan kekuatan anda dalam melakukan chin up.Jika anda sungguh –sungguh dalam latihan pasti anda bisa lakukan gerakan chin up tanpa bantuan benda apapun. Artikel Berikutnya: Cara Membuat Rambut Cepat Panjang

Suka Artikel Ini? Tetap dapatkan Informasi dengan Berlanggana via email

Comments

You must be logged in to post a comment.

Artikel Terkait
About Author

Kumpulan Tips, Semoga Bermanfaat