Cara Download dan Print Sertipikat Vaksin COVID 19 di pedulilindungi

Tindakan pencegahan penyebaran COVID 19 yang dilakukan pemerintah adalah salah satunya dengan pemberian vaksin sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh dari infeksi virus Corona. Setelah menerima vaksin masyarakat akan diberikan sertifikat sebagai tanda telah mendapatkan vaksin tersebut.

Berbagai kegiatan kadang memaksa anda harus menunjukkan sertifikat vaksin Covid. Seperti ketika harus melakukan perjalanan dengan kereta Api ataupun pesawat terbang. Tunjukkan sertifikat vaksin sebagai salah satu syaratnya.

Sayangnya, sertipikat vaksin tersebut tidak anda dapatkan dalam bentuk fisik, namun dalam bentuk elektronik. Tapi bukan berarti tidak bisa di download ataupun di print. Berikut tutorial cara memprint dan download sertifikat vaksin dari pedulilindungi.id.

Buka Pedulilindungi.id dan Buat Akun

Anda harus memiliki akun pedulilindungi.id , jika sudah punya anda bisa tinggal masuk ke akun tersebut. Jika belum maka haruslah anda membuat akun di peduli lindungi. Langkah membuat akun di pedulilindungi.id
  1. Buka website pedulilindungi.id pada browser, baik lewat hp ataupun pc
  2. Log in/Register ada di kanan atas. Bagi pengguna ponsel bisa melihat setelah klik menu 3 garis di bagian kanan atas.
  3. Gunakan email atau nomor handphone untuk registrasi. Isikan nama anda.
  4. Cek email (jika daftar menggunakan email) atau SMS (jika dari hp), akan ada kode otentifikasi, masukkan kode tersebut pada kolom yang tersedia.
  5. Jika berhasil anda akan di bawa masuk ke dashboard akun anda.

Cetak/Print Sertifikat

Sebelum print/cetak sertifikat COVID 19 tersebut, anda terlebih dahulu harus download atau unduh. Format sertifikat tersebut dalam bentuk jpg. Inilah nanti yang bisa anda cetak baik dalam bentuk lembaran atau dalam bentuk card seperti kartu ATM.
 
Perhatikan pada bagian atas, anda akan temukan Cek Sertipikat Anda disini. Anda klik kata di sini. 
 
Selanjutnya pada halaman yang muncul silakan isikan nama lengkap anda, nomor identitas (KTP/Paspor) ; tanggal vaksin dan jenis vaksin. Informasi ini bisa anda lihat di lembaran undangan vaksin yang anda peroleh saat melakukan vaksinasi.
 
Setelah mengisi lengkap, anda klik Periksa kemudian akan tampil sertifikat vaksin. Pilih saja sertifika tersebut dan kemudian tap pada pilihan Unduh Sertifikat. Selamat sertipikat anda dalam format jpg  telah berhasil di download. Sekarang anda bisa cetak itu sertifikat sesuai pada media yang anda suka.

Jika anda merasa bingung bisa ikuti video tutorial cetak kartu sertifikat vaksin di bawah ini

Suka Artikel Ini? Tetap dapatkan Informasi dengan Berlanggana via email

Comments

You must be logged in to post a comment.

Artikel Terkait
About Author

Kumpulan Tips, Semoga Bermanfaat