Cara Kompres atau Memperkecilkan Ukuran MB Foto

Bagi pengguna alat elektronik khususnya komputer, laptop dan smartphone pastinya sangat mengenal apa yang namanya Image atau gambar. Gambar tidak hanya berbentuk nyata saja melainkan bisa berbentuk digital yang biasanya berada di perangat elektronik seperti yang sudah saya sebutkan diatas. Untuk gambar digital sendiri mempunyai beberapa jenis format yang digunakan yang memiliki keunikan tersendiri, seperti Gif, Jpg, Png dan lain-lain. Selain itu gambar digital juga mempunyai ukuran yang berbeda-beda sesuai resolusi dari gambar tersebut. Singkatnya jika gambar mempunyai ukuran yang besar tentunya memiliki size atau ukuran yang besar pula.

Terlepas dari itu sebenarnya resolusi gambar tidak terlalu memengaruhi ukuran gambar, karena ukuran gambar bisa diakali dengan diperkecil atau biasa disebut kompres. Mengkompres gambar biasanya dilakukan agar gambar tersebut memiliki ukuran yang tidak terlalu besar supaya tidak terlalu memakan ruang penyimpanan. Hal ini banyak dilakukan oleh para blogger atau pemilik blog agar gambar tidak terlalu memakan banyak ruang pada penyimpanan di hosting.

Jika Anda ingin memperkecil ukuran gambar bisa menggunakan software FastStone, software ini mampu mengkompres gambar dengan ukuran yang sangat singnifikan namun juga sedikit dipengaruhi oleh pengaturan. Ok langsung saja berikut tutorial cara kompres gambar hingga 10 kali lipat dari asli dengan FastStone.

Cara Kompres Gambar Menggunakan FastStone

1. Sebelumnya silahkan donlod dulu software FastStone di Faststone.org/FSViewer, Tenang ukurannya hanya sekitar 6 MB.

2. Kemudian install seperti biasa lalu buka dan masuk ke menu Tools  - Batch Convert / Rename Dialog.

3. Untuk convert caranya cukup mudah, pertama buka dulu tempat penyimpanan gambarnya, pilih lalu klik (Add) atau drag langsung ke kolom sebelah kiri, dan untuk pengaturan klik Settings.

4. Disini untuk pengaturannya kita hanya memainkan bagian Quality, silahkan sesuaikan sendiri atau biarkan default, (semakin kecil angka yang dipilih semakin kecil pula ukur

5. Disini untuk pengaturannya kita hanya memainkan bagian Quality, silahkan sesuaikan sendiri atau biarkan default, (semakin kecil angka yang dipilih semakin kecil pula ukuran gambar yang dihasilkan. Jika sudah klik Ok dan klik Convert.

Nah disini sudah bisa dilihat hasil perbedaan dari ukuran sebelum dan sesudah di convert.

Note: Oh ya dengan software FastStone disini anda bisa covert banyak gambar sekaligus, jadi cukup efisien jika kita ingin kompres banyak gambar, dan untuk masalah berkurang banyaknya ukuran gambar juga tergantunng dari pengaturan pada nomor 4.

Suka Artikel Ini? Tetap dapatkan Informasi dengan Berlanggana via email

Comments

You must be logged in to post a comment.

Artikel Terkait
About Author

Nothing Special About me. I like write and share what I know