Paling efektif!! Beberapa cara menghilangkan insomnia

pexels-shvets-production-8410740.jpg

Insomnia adalah gangguan tidur, penderita insomnia bisa saja sulit untuk tertidur atau bahkan tetap tertidur. Bisa saja kedua duanya malah terjadi pada penderita insomnia.

Kebanyakan penderita insomnia biasanya merasa kurang segar saat setelah bangun tidur. Simak cara menghilangkan insmonia berikut ini.

Cara menghilangkan insomnia.

Bagi anda penderita insomnia bisa melakukan berbagai cara ini untuk menghilangkan insomnia. Pasalnya, tersedia berbagai cara yang bisa dilakukan seperti megubah gaya hidup dan mengikuti langkah- langkah di bawah ini agar tidak insomnia serta bisa tertidur.

1. Ciptakan suasana kamar yang nyaman

Kamar merupakan  tempat ternyaman yangwl wajib anda ciptakan, pasalnya kamar menjadi ruangan untuk beristirahat dan tidur. Anda bisa melakukannya dengan memberi hiasan-hiasan yang membuat mata  anda menjadi tenang dan nyaman. Tempelkan berbagai poster idola anda supaya anda termotivasi untuk segera tidur.

2. Olahraga secara teratur

Berolahraga secara rutin dan teratur bisa menjadi salah satu cara menghilangkan insomnia. Lakukan olahraga yang ringan namun harus dilakukan secara terjadwal,  anda bisa mencoba olahraga renang, berlari kecil, atau berjalan. Melakukan olahraga bisa membantu anda meredakan ketegangan dan kejenuhan yang anda alami sepanjang hari.

3. Mengurangi mengonsumsi kafein

Kafein sering di temukan di berbagai minuman misalnya kopi, teh, atau minuman  berenergi lainnya. Sebaiknya anda  menghindari konsumsi kafein berlebih di malam hari, agar anda bisa tertidur. Karena kafein bisa menghambat kelancaran proses untuk tidur dan juga sangat berpengaruh mencegah tidur nyenyak.

4. Mencoba tenang sebelum tidur

Ada baiknya sebelum tidur anda bisamembuat tubuh rileks dengan melakukan olahraga kecil, anda bisa melakukan yoga sebagai salah satu pilihannya. Selain yoga, mandi menggunakan air hangat atau mendengarkan lagudapat menenangkan jiwa dan pikiran. Cara tersebut bisa menjadi alternatif anda untuk mengatasi insomnia.

5. Berpikir positif

Banyak orang yang selalu berpikir hal-hal negatif saat sebelum tidur. Terlalu banyak cemas dan khawartir dapat dengan mudah mengalami insomnia. Cobalah untuk selalu berpikir  hal-hal positif dan tidak terlalu mencemaskan sesuatu hal  yang berlebihan. Menenangkan pikiran dapat menjadi alternatif cara menghilangkan insomnia.

6. Atur pola makan yang sehat

Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak jenuh serta karbohidrat kompleks sebelum tidur. Makanlah makanan yang banyak mengandung protein anda juga bisa konsumsi yoghurt atau cracker tawar.

7. Tidak merokok

Rokok mengandung nikotin yang dapat membuat anda sangat sulit untuk tertidur. Merokok berlebihan merupakan salah satu yang menyebabkan terjadinya insomnnia, sebaiknya anda harus menghindari merokok di malam hari atau sebelum anda tidur.

8. Mengonsumsi obat tidur

Apabila berbagai cara yang sudah di jelaskan di atas telah anda lakukan tapi tetap tidak bisa untuk tidur secara normal. Sebaiknya mengunjungi dokter kesehatan untuk mengonsultasikan insomnia yang di alami serta di derita. Supaya dokter dapat memberikan resep obat dan anda bisa meminum nya secara rutin sesuai anjuran. Namun, mengonsumsi banyak  obat bisa menimbulkan berbagai efek samping. Contoh efek samping yang bisa saja anda alami seperti pusing, kecanduan, sulit konsentrasi, sakit pada bagian kepala dan perubahan mood.

9. Mengatur waktu tidur

Waktu tidur yang teratur mungkin bisa menjadi pilihan cara agar anda tidak mengalami insomnia. Mengatur jadwal untuk tidur bisa memudahkan tubuh dalam beristirahat. Waktu tidur yang tidak teratur dapat mengganggu ritme srikadian hal ini berfungsi mengatur mrtabolisme tubuh dan mempengaruhi  siklus tidur.

Berikut merupakan beberapa langkah serta cara menghilangkan insomnia yang mudah diakukan di rumah, lakukanlah secara rutin dan terjadwal. Jika anda rasa insomnia yang ada derita terlalu parah, jangan menunggu waktu lama segeralah mengunjungi dokter. Karena tidur merupakan hal yang wajib dilakukan dan dibutuhkan oleh tubuh.

Suka Artikel Ini? Tetap dapatkan Informasi dengan Berlanggana via email

Comments

You must be logged in to post a comment.

About Author

Saya adalah penulis pemula yang sedang belajar