Pengertian Saham dan Indeks Harga Saham

SAHAM

Pengertian saham adalah sebuah surat berharga tentang bukti kepemilikan modal dalam sebuah perusahaan. Dari pendapat ahli,

Tjiptono Darmadji menyatakan pengertian saham bahwasanya,
Saham (stock atau share) dapat didefinisikan sebagai tanda penyertaan atau pemilikan seseorang atau badan dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas

Sementara itu Andi Porman Tambunan yang menyatakan pengertian saham yaitu “Bukti penyertaan modal pada sebuah perusahaan. Dengan membeli saham perusahaan, berarti menginvestasikan modal/dana yang nantinya akan digunakan oleh pihak manajemen untuk membiayai kegiatan operasional perusahaan.”

Saham ini diperjualbelikan di pasar modal. Transaksi jual beli saham akan membuat peralihan kepemilikan saham. Harga saham ini juga relatif berubah cepat tergantung trend pasar, kondisi ekonomi, kondisi sosial-politik pada tempat dimana perusahaan tersebut berada.

Indeks Harga Saham

Jika seorang investor ingin berinvestasi tentu harus mempertimbangkan pergerakan harga saham di bursa efek. Sebab, salah satu keuntungan dari jual beli saham sederhananya yaitu membeli saham dengan harga rendah kemudian dijual dengan harga yang tinggi. Selisih harga tersebutlah yang menjadi salah satu keuntungan dalam investasi saham.
Investasi, tentu saja memiliki resiko. Lalu bagaimana agar bisa memilah saham yang bagus untuk dibeli dan tidak? Salah satu indikator yang digunakan dalam pemilihan saham adalah indeks harga saham.

Secara umum indeks harga saham ini adalah informasi yang tersedia tentang pergerakan harga saham dan deskripsi pada periode tertentu. Dalam masalah ini, akan dikenal istilah angka indeks.

Pengertian angka indeks adalah angka yang diharapkan bisa memberikan informasi perubahan suatu atau lebih karakteristik dalam waktu dan tempat tertentu. Kemudian dari susunan angka indeks ini bisa dilihat indeks harga saham.

Dari beberapa literatur dapat disimpulkan bahwasanya,
Indeks harga saham adalah riwayat catatan tentang perubahan dan pergerakan harga saham yang dinyatakan dalam angka indeks. Adapun tujuannya adalah sebagai salah satu bahan dalam menganalisa kelayakan saham untuk berinvestasi.

Suka Artikel Ini? Tetap dapatkan Informasi dengan Berlanggana via email

Comments

You must be logged in to post a comment.

Artikel Terkait
About Author

Calon Sarjana Ekonomi | Aktif Coret Coret di Internet